Home » , » ALMANSA SMK SUDIRMAN 1 WONOGIRI

ALMANSA SMK SUDIRMAN 1 WONOGIRI

Written By Almansa on Sabtu, 07 Juli 2012 | 08.54

Mutu mengandung makna derajat atau tingkat keunggulan suatu hasil kerja atau upaya  (produk), baik berupa barang atau jasa/layanan. Dalam konteks pendidikan, upaya peningkatan mutu dapat mengacu pada dua hal, yaitu; “proses pendidikan” dan “hasil pendidikan”. “Proses pendidikan” meliputi aspek pelaksanaan KBM, penciptaan suasana kondusif, pemberian layanan, bahan ajar, metodologi, sarana pra sarana, dukungan administrasi dan sumber daya lainnya. “Hasil belajar” meliputi aspek prestasi yang dicapai sekolah (baik intra maupun ekstra), suasana disiplin, keakraban, kekeluargaan, kenyamanan, kebersihan dan lain-lain.

 Upaya peningkatan mutu tidak bisa dibebankan sepenuhnya pada sekolah. Memang, sekolah adalah ujung tombak dan pemilik kuasa terbesar dalam peningkatan mutu ini. Karenanya, diperlukan kemandirian, kemauan kuat, dan kerja keras bagi sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikannya. Tetapi, kalau kita mengacu pada konsep “Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah” maka diperlukan sinergi dan kerjasama antara beberapa komponen (stakeholders) yang melingkupi sekolah.


Bagaimana Peran Alumni?
Alumni sebagai masyarakat yang memiliki hubungan khusus dan ikatan bathin yang istimewa terhadap sekolah, tentu memiliki peranan dan tanggungjawab yang khas dan istimewa pula. Karena, alumni telah merasakan dan mengalami sekian tahun menjadi keluarga sekolah, menikmati dan memperoleh layanan jasa, merasakan visi dan misi apa yang dialami dalam sekian tahun tertentu, dan merasakan kualitas macam apa yang dirasakan sehingga dapat menjadi seperti ini. Apapun yang didapat dari sekolah, tentunya memberikan kontribusi yang tidak kecil bagi kehidupannya di masyarakat.
Sebagai masyarakat istimewa sesungguhnya banyak kontribusi yang dapat diberikan alumni kepada almamaternya. Kontribusi tidak hanya bersifat finansial atau materi saja, tetapi dalam konteks peningkatan mutu diperlukan sumbang saran dan pemikiran tentang berbagai macam hal yang berorientasi pada peningkatan mutu sekolah. Di antara yang dapat dilakukan adalah sumbangan pemikiran untuk mencari konsep dan cara kerja meningkatkan mutu, memberikan informasi, menghubungkan sekolah dengan pihak-pihak lain, promosi sekolah, memberikan bea siswa, dan lain sebagainya. Terpenting adalah bagaimana bantuan dan partisipasi yang diberikan tidak bersifat insidental, namun berkelanjutan.
Bagi alumni yang masih mahasiswa sesungguhnya kontribusi yang dapat diberikan tidaklah kecil dan sedikit. Meningkatkan kepercayaan diri adik-adik, memberikan informasi PT, organisasi atau lainnya, mendampingi kelompok belajar, membantu kegiatan ekstra, menjadi fasilitator pelatihan/BA/DA, membantu dan mendampingi organisasi kedaerahan/perkumpulan, dan lain sebagainya. Peran-peran itu penting bagi sekolah, karena selain menjadi program, juga merupakan upaya lain dalam memberikan warna dan pemahaman berbeda tentang sekolah. Sehingga diharapkan dapat memacu siswa untuk berprestasi, dapat menemukan orientasi belajarnya, berkontribusi untuk kader, dan tak kalah penting adalah meyakinkan siswa untuk tetap kerasan di sekolah.
Hubungan Alumni dan sekolah
Sebagai bagian masyarakat, hubungan antara alumni dan sekolah tentunya lebih bersifat kultural dan emosional. Hubungan yang dibangun antara sekolah dan alumni pun bersifat cair dan tidak mengikat. Dengan kata lain, relasi yang terbangun adalah relasi setara yang bersendikan mutualisme dan kemanfaatan.
Untuk memperkuat pola hubungan tersebut, maka diperlukan wadah organisasi alumni yang berfungsi sebagai fasilitator dan jembatan komunikasi antara sekolah dan alumni. sekolah dengan segala keterbatasannnya melakukan komunikasi dengan alumnus satupersatu (one by one), selain karena jumlahnya banyak, model komunikasi ini tidak effisien dan effektif. Melalui komunitas alumni diharapkan dapat terjalin komunikasi yang effektif dan effisien.
Untuk memperkuat itu, dapat didesain pola komunikasi melalui kegiatan formal dan informal. Kegiatan formal dapat berupa keterlibatan organisasi alumni dalam kegiatan resmi sekolah, dan informal. Fokus bahasan pun dapat rancang sesuai kebutuhan dan tetap berorientasi pada peningkatan mutu sekolah dan juga pengembangan pribadi alumnus (karier, usaha, kekaderan, dll). Di samping itu, dapat pula menggunakan media lain, seperti mailing-list, tabloid, buletin, sms, dan lain-lain. Area komunikasi pun tidak terbatas pada daerah yang jangkauannya dekat dengan sekolah, tetapi diharapkan dapat menjangkau seluruh alumni yang ada di daerah atau negara lain. Sehingga kontribusi dan komunikasi alumnus dengan sekolah dapat tetap terjalin.

MENINGKATKAN MUTU Alumni
pada dasarnya peran alumni yang lebih di utamakan adalah dapat menjaga nama baik almamater sekolhan serta berperan daan terjung langsung dalam kehidupan nyata yaiutu sebagai peran masyarakat menciptakan dunia baru dalam cipitas akademi fakultas maupun dalam kehidupan masyarakat yang mandiri dan mampu untuk berinteraksi dalam dunia usaha  maupun dalam pemerintahan,serta menjunjung nilai-nilai aspek kehidupan yang madani dan keselarasan,oleh karena itu peningkata mutu alumni diliat dari angka kelulusan  serta angka kemandiriannya dalam mewujudkan hasil dari pendidikan,kemajuan alumni merupakan hasil dari peningkatan mutu sekolah,,dikatakan baik buruknya mutu sekolahan itu bisa dilihat dari angka kelulusan alumni yang sudah terjun di masyarakat luas,dalam bentuk,pekerjaan,karir,serta kesuksesan dalam dunia usaha, semoga rangkuman ini bisa menjadi acuan buat para alumni untuk menjunjung kekeluargaan serta ukuah dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara,dan semoga SMK SUDIRMAN 1 WONOGIRI TETAP JAYA DAN SELALU DI BANGGAKAN MASYARAKAT LUAS PADA UMUMNYA.
Share this article :

Posting Komentar

Hj.Endang Maria Astuti Sag.MH.MM

Hj.Endang Maria Astuti Sag.MH.MM
salah satu ALUMNI SMK sudirman yang telah menjadi dewan di DPRRI Propinsi Jateng dan juga merupakan pelopor pemberdayaan perempuan di wonogiri
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Alumni SMK Sudirman 1 wng - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger