Home » , » mari berwirausaha

mari berwirausaha

Written By Almansa on Selasa, 24 Juli 2012 | 11.37

Meningkatnya jumlah pengangguran yang dialami oleh pemuda dan lulusan dari tingkat universitas pada saat ini menjadi suatu dilema sosial bagi masyarakat. Tingkat pendidikan level tinggi pada saat ini ternyata belum dapat dijadikan sebagai faktor keberhasilan dalam menunjang kehidupannya. Hal ini merupakan buah kegagalan dari pemerintah yang belum dapat mengatasi pengangguran secara komprehensif.


Pendapat tersebut mengemuka pada saat seminar kebangsaan yang diselenggarakan oleh Jaringan Aksi Mahasiswa Moestopo Untuk Rakyat di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Senin lalu dengan tema “Setelah Lulus Kuliah, Kerja Atau Berwirausaha?” Seminar tersebut menghadirkan Ade Daud Nasution (anggota DPR F – PBR), Bambang Adhyaksa (Bendahara PBNU), Alimin Abdullah (Staf ahli Mensesneg dan ketua Badan Pemuda dan Olahraga DPP PAN), serta Deputi dari Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga bidang kepemudaaan.

Bambang Adhyaksa mengatakan, meningkatnya jumlah pengangguran pada saat ini dikarenakan struktur industri masih begitu rapuh. Permintaan tenaga kerja tidak sebanding dengan supply tenaga kerja serta ketatnya kompetisi pasar menyebabkan perusahaan begitu selektif memilih calon pegawainya. Pendidikan yang diambil di perguruan tinggi kadang tidak selaras dengan kebutuhan lapangan pekerjaan saat ini.

Lain halnya menurut Ade Daud Nasution,  untuk mengatasi pengangguran saat ini diperlukan adanya suatu kreativitas dalam mengelola usaha yang dapat dijadikan penopang dalam kehidupan. Ia menambahkan, pengangguran pada saat jni sulit diatasi karena jumlah pelamar kerja lebih banyak dibandingkan dengan jumlah pekerja yang dibutuhkan. Oleh karena itu ia menganjurkan kepada para pemuda dan masyarakat untuk belajar berwirausaha sejak dini untuk mengatasi pengangguran yang sudah menjadi penyakit kronis yang sulit diatasi pada saat ini.

Dalam hal menciptakan lapangan kerja baru bagi pemuda, pemerintah melalui Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga merencanakan melakukan dua pilar program yaitu mempersiapkan generasi muda dalam penciptaan lapangan kerja baru dan pemberdayaan pemuda dalam memasuki dunia persaingan global. Program ini dilakukan untuk menumbuhkembangkan kemampuan, karakter dan kultur kewirausahaan di kalangan pemuda dan generasi muda, serta mendorong dan memberikan penguatan kemampuan pada pemuda sebagai pembuka kesempatan kerja dan peluang usaha dan dapat memberikan kontribusi pada pengentasan pengangguran dan kemiskinan.

Sumber Depnakertrans menyebutkan, jumlah pencari kerja dari lulusan universitas pada tahun 2005 berjumlah 303.950 dan pada tahun 2007 mengalami peningkatan mencapai 409.890 dan total pengangguran dari semua level pendidikan pada tahun 2007 pada saat ini mencapai 10.547.917.

Menyikapi hal ini Bambang Adhyaksa mengatakan, tidak ada alternativ lain selain berusaha menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, dengan berbekal ktreativitas, mobilitas yang tinggi serta jaringan pertemanan yang luas bisa jadi modal awal untuk bisa memulai suatu usaha. Potensi yang dimiliki oleh Indonesia untuk mengembangkan usaha kecil mikro sangat besar. Masih banyak potensi sumber daya alam yang dapat digali. Selain itu besarnya pasar merupakan salah satu peluang yang baik.

Untuk menjadi wiraswasta yang baik Alimin berpendapat diperlukan suatu kiat untuk mempunyai visi yang jauh ke depan dan ide yang brilian untuk survive dalam usahanya. Dan dari diri individu patut diperluan pengetahuan yang luas dan persiapan yang matang untuk mendapatkan peluang usaha yang maju dalam berwirausaha.
Share this article :

Posting Komentar

Hj.Endang Maria Astuti Sag.MH.MM

Hj.Endang Maria Astuti Sag.MH.MM
salah satu ALUMNI SMK sudirman yang telah menjadi dewan di DPRRI Propinsi Jateng dan juga merupakan pelopor pemberdayaan perempuan di wonogiri
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Alumni SMK Sudirman 1 wng - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger